pengertian
sebutan asli dalam bahasa inggris yaitu gifted / talented, yaitu kemampuan bawaan yang berupa potensi yang memerlukan pengembangan dan pelatihan secara serius dan sistematis. yang dipengaruhi oleh :
1. Genetik (nature)/ bawaan yang menunjukkan kepada intelegensi menuju IQ.
2. lingkungan (nurture) dan dilanjutkan kekreativitas serta task komitmen lalu ke motivasi.
3. mengalami kondisi disinkronitas / asinkronitas, antara lain ;
perkembangan psikis dan fisik, perkembangan mental dan umur kronologis.
ciri-ciri cerdas istimewa dan berbakat istimewa:
- kemampuan diatas rata-rata, yang mencakup: kemampuan umum (seperti informasi pengolahan , mengintegrasikan pengalaman, dan berfikir abstrak) serta kemampuan khusus, seperti kemampuan untuk memperoleh pengetahuan/melakukan aktivitas.
- kreativitas serta mencakup intelektualnya yang very superior dengan skor IQ di atas 130. "Pada lembar identifikasi dini, mereka memiliki kecepatan menyerap lebih dari teman sebayanya, seperti lebih cepat membaca," katanya.
populasi anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa
berjumlah 2% dari populasi yang berdomisili di Indonesia.
kemampuan anak CI +BI :
GIFTED =
1. Above average ability
2. Task commitment
3. Creativity
kesalah-pahaman tentang anak CI+BI yaitu:
- seringkali dianggap nakal, susah diatur(orang tua, guru/sekolah tidak mengenali potensi mereka, sehingga terabaikan.
- pernyataan IQ hanya menyumbang 20% terhadap keberhasilan .
- hanya sebutan yang memiliki CI+BI
- cerdas atau bodoh
- anak gifted dianggap homogen, menuju high normal serta model layanan(all size)
- seringkali diasumsikan sama dengan anak pintar (high achiever), karakteristik gifted berbeda dengan anak high achiever.
- istilah inklusi serta diskriminasi.
- menjawab pertanyaan dengan benar
- berminat dengan sesuatu
- menunjukkan perhatian
- punya gagasan yang bagus serta populer
- menjawab soal sesuai yang ditanyakan
- pemerhati yang baik
- mendengarkan penuh dengan minat
- mempersoalkan pertanyaan
- penasaran dengan sesuatu
- terlibat secara emosional, mental dan fisik
- punya gagasan yang aneh
- konyol dan diluar keumuman
- pengamat yang kritis atau bawel
- menyimak untuk siap berdebat
- anak CI+BI memiliki kelebihan dalam kecepatan menyelesaikan tugas
- memerlukan kurikulum yang berbeda (diferensiasi) dirancang untuk dapat mengatasi karakteristik individu.
- kurikulum yang efektif untuk siswa CI+BI dimodifikasikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
- selaras dengan fungsi utama pendidikan mengembangkan potensi siswa secara utuh dan optimal.
- strategi pendidikan yang bersifat masal, memberiperlakuan standar(rata-rata)
- stress akademik
- undera chiever ( kecenderungan dapat memakai drugs)
kondisi pendidikan CI+BI di Indonesia
- belum ada lembaga pendidikan yang khusus
- satu-satunya layanan hanya aksel bentuk telescoping
- belum ada kurikulum khusus
- belum ada program penyiapan guru
- pembelajaran berfokus pada daya serap materi
- hanya 311 dari 260.471 sekolah, 7 dari 42,756 madrasah
- subsidi pemerintah sangat terbatas
- terbatas mengakses: 9.551 dari potensi 1,3juta (0,7%)
- program aksel dipaksa bubar karena alasan RSBI/SBI dan penerapan SKS
- fenomena brain-drain, anak-anak CI+BI yang sudah dididik khusus secara optimal malah dibajak pihak luar negeri.
- succesful
- penantang
- the underground
- the dropouts
- the double labeled
- the otonomous learner
- content-based acceleration (southern dan jones, 2004) pembagian materi : kompleksitas, abstraksi, variasi. unsur manusia.
- grade based acceleration
- pengayaan dan pedalaman.
0 komentar:
Posting Komentar