topbella

Sabtu, 25 September 2010

pengantar filsafat

Apakah filsafat itu?
sejak lebih dari 20 abad yang silam, hingga kini masih di pertanyakan banyak orang, hingga kenyataan sampaisekarang ini orang mengira bahwa filsafat adalah sesuatu yang serba rahasia, mistis, dan aneh.

ada pula yang menyangka  bahwa filsafat adalh suatu kombinasi antara astrologi, psikologi, dan teknologi.
selain itu filsafat juga sebagai mater scientiarum atau induk segala ilmu pengetahuan, yang cukup banyak dianggap sebagai ilmu paling istimewa, ilmu yang menduduki tempat paling tinggi dari antara seluruh ilmu pengetahuan yang ada.

Definisi filsafat...
secara etimologis, istilah filsafat, padanan kata falsafah (bahasa arab) dan philosophy (bahasa inggris), berasal dari bahasa yunani philosophia, merupakan kata majemuk yang terdiri dari kata philos, berarti kekasih dan sophia, yang artinya kebijaksanaan atau kearifan atau bisa juga berarti pengetahuan.
jadi secara harfiah berarti yang mencintai kebijaksanaan atau sahabat pengetahuan. oleh karena istilah philosophia telah di indonesiakan menjadi filsafat, dalam yogyanya di ajektivkan filsafati dan bukan filosofis. apabila mengacu kepada orangnya, kata yang tepat digunakan ialah filsuf, dan bukan filosof, kecuali bila digunakan kata filosofi dan bukan filsafat.


aduuh..... lumayan juga!
to be continue deeh.

0 komentar:

Posting Komentar

Algo sobre mi