topbella

Kamis, 23 September 2010

paradigma baru manajemen pendidikan

PARADIGMA BARU MANAJEMEN PENDIDIKAN
Paradigma yaitu mengubah cara berfikir agar lebih baik.
yaitu dengan cara :
* kompetitif, sebagai kunci utama pendidik agar dapat memenangkan persaingan, seperti: kemampuan, hasrat  (dengan adanya kemauan).
* Berlaku fair (tidak curang)
* Transparan (tidak sembunyi-sembunyi, tetapi terang-terangan).
* Spesialis (masing-masing pada bidangnya)
* Profesional
   - Berlatih
   - Pekerjaan sebagai fokus utama, bukan sambilan.
   - Pengetahuan (sciens)
   - Etika
* Dinamis
   - inventing (breaking rules), sesuatu yang baru namun sedikit melanggar.
   - experimenting (making mistakes)
   - growing (taking risks) atau tumbuh
* Adaprif
yaitu bagaiman kita beradaptasi (menyesuaikan diri) terhadap lingkungan, tapi tanpa menghilangkan jati diri serta identitas diri kita.


TUNTUTAN TERHADAP "KOMPETENSI SDM"

Pengetahuan/wawasan global
-konseptual yang integratif dan aplikatif.
-orientasi pada polusi, inovasi, kreativitas.
-nilai-nilai universal (lintas budaya)
Keterampilan global
-komunikasi multi budaya
-pemanfaatan teknologi informasi (IT)
-pengembangan intelektual
Emotional + adversity skill
Sikap/perilaku
-dinamis dan flexible
-inisiatif dan proaktif
-inovatif dan kreatif
-mandiri (survive)

GAP hasil pendidikan dengan tuntutan lingkungan eksternal

hasil pendidikan
-texbook/teoritis/orientasi
"intelektual skill"
-keterampilan menyelesaikan masalah "sederhana"
-pembentukan sikap-sikap dasar "normatif" (etika, sopan santun, disiplin, birokratis)
-pola hubungan lebih formal dalam satu arah atau otokratis
-sukses (hasil/prestasi belajar)
-standar kompetitif (basic/lokal)

TUNTUTAN EKSTERNAL

-praktis aplikasi/orientasi "intellectual dan emotional skill"
-masalah yang dihadapi lebih "comlex"
-sikap sikap profesional (demokratis, produktif, kreatif, inovatif, adaptif, serta melayani).


KEGIATAN BELAJAR

Didalam suatu kegiatan belajar, terdapat suatu proses yang saling berhubungan. seperti:
  • Penyelesaian masalah, yaitu suatu stategi serta pedoman untuk pengambilan keputusan secara tepat.
  • Pertumbuhan pribadi, dalam pribadi manusia baik jasmani maupun rohaniah terdapat 2 bagian yang berbeda sebagai kondisi yabg menciptakan pribadi manusia berubah menuju kearah kesempurnaan, yaitu bagian kondisional pribadi manusia yang meliputi: 1.bagian pribadi material kuantitatif  2.bagian pribadi fungsional yang kualitataif.
  • Keterampilan hidup, suatu proses pengaplikasian dalam ruang belajar. seperti permainan,dll.
  • kemampuan belajar dan berfikir,
Secara umum, kemampuan belajar seseorang hanya terdiri dari 3 faktor:
1.        Membaca Cepat dan efektif.  Hampir semua proses belajar, akan melibatkan kegiatan ini.

2.       Kemampuan mengingat, dan kemampuan untuk “merecall” apa yang kita ingat tersebut.
3.       Kemampuan Berpikir cepat dan Logika yang  baik. Jika kita bisa membaca dengan cepat, maka otomatis kita akan bisa berpikir lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Algo sobre mi